Minggu, 22 September 2013

Tips Aman Menggunakan Essential Oil

Panduan ini sangat penting untuk anda perhatikan sebelum menggunakan essential oil. Chrissie Painell-Malkin dalam buku Home Spa Pamper Yourself from Head to Toe menulis tips aman menggunakan essential oil sebagai berikut:
  • Pure essential oil mudah rusak oleh panas, kelembaban, dan sinar matahari karena itu harus disimpan di tempat sejuk. Untuk hasil terbaik gunakan essential oil dalam jangka waktu maksimal 2 tahun setelah diesktrasi atau 1 tahun untuk jenis citrus oil. Pure essential oil sebaiknya disimpan dalam botol kaca berwarna gelap dan disimpan dalam tempat sejuk (tidak perlu disimpan dalam kulkas) dan jangan terkena cahaya matahari langsung karena dapat merusak kualitas oil. Produsen essential oil berkualitas selalu mencantumkan tanggal kaduluarsa pada botol essential oil, namun beberapa jenis oil seperti sandalwood, vetiver, patchouli justru makin baik kualitasnya bila usianya makin tua, ini disebut dengan oil semakin mature yang membuat aroma oil semakin harum. Menyimpan pure essential oil dalam botol plastik dapat mengakibatkan botol plastik sobek atau pecah saat botol bereaksi dengan pure essential oil. Namun bila anda hendak mencampur essential oil dengan base product atau carrier oil anda boleh menyimpannya di botol plastik berkualitas bagus. Bila kuantitas essential oil yang digunakan tidak banyak, botol plastik cukup aman digunakan dan tidak akan pecah atau sobek. Botol kaca dan botol plastik untuk aromatherapy dapat dibeli di toko supplier aromatherapy. Botol yang berkualitas biasanya harganya mahal karena memang bagus dan aman untuk digunakan menyimpan essential oil, carrier oil. Botol kaca berkualitas bagus tidak mudah pecah saat jatuh dan dapat dibersihkan dan direbus agar steril sebelum dipakai ulang.
  • Pure essential oil sangat kuat dan pekat karena itu gunakan dengan hati-hati. hanya untuk penggunaan luar, jangan ditelan atau dipakai kumur kecuali diresepkan oleh ahli aromatherapy professional.
  • Jangan pernah mengoleskan pure essential oil langsung pada kulit anda, kecuali lavender essential oil yang dapat dioles langsung pada jerawat, luka bakar dan gigitan serangga hal ini tidak berlaku bagi anda yang memiliki jenis kulit sensitif.
  • Jangan memakai essential oil jenis citrus pada pagi dan siang hari karena dapat menyebabkan reaksi negatif pada kulit seperti iritiasi dan flek bila terkena sinar matahari langsung.
  • Jangan sampai essential oil terkena mata, jika terjadi, bersihkan dengan susu atau minyak nabati dan konsultasikan ke dokter.
  • Essential oil dapat terakumulasi dalam tubuh anda, karena itu jangan menggunakan jenis essential oil yang sama dalam jangka waktu lama secara berlebihan.
  • Simpan essential oil dalam tempat yang jauh dari jangkauan anak-anak.
  • Essential oil sangat mudah terbakar, jadi jauhkan dari api langsung
  • Lilin dan vaporizer harus dijauhkan dari anak-anak dan hewan piaraan. Letakan lilin dan vaporizer pada permukaan tahan panas dan jangan pernah meninggalkannya saat menyala. Tempat lilin metal dapat menjadi sangat panas saat lilin menyala dalam waktu yang lama.
  • Wanita hamil sebaiknya jangan menggunakan essential oil pada kulit tanpa berkonsultasi dengan dokter dan ahli aromatherapy.
  • Jangan melakukan pemijatan aromatherapy pada seseorang yang sedang sakit dan memiliki luka patah tulang atau otot yang sobek.

Tidak ada komentar: