Minggu, 22 September 2013

DOs and DON’Ts Acne

Jerawat bisa disebabkan banyak faktor diantaranya hormonal, tidak cocok dengan kosmetik tertentu, perubahan cuaca, polusi, jenis kulit wajah yang terlalu berminyak, sedang stress, pengaruh obat-obatan jenis tertentu, diet tidak seimbang, merawat wajah dengan cara yang salah, dan yang tidak bisa sembuh 100% seumur hidup yaitu karena faktor keturunan. Bila jerawat disebabkan oleh faktor keturunan, maka jerawat hanya bisa dikontrol agar tidak sering timbul atau mencegah jerawat agar tidak menjadi semakin parah.
  • Usahakan olah raga 3x seminggu selama minimal 1 jam agar peredaran darah lancar, bila setiap hari lakukan olah raga minimal 15 menit
  • Cuci rambut minimal 2 hari sekali
  • jangan menggunakan produk perawatan rambut yang berminyak dan membiarkan rambut terkena wajah
  • Jangan memakai make up sementara wajah berjerawat
  • Jangan memakai bedak padat
  • Bila terpaksa memakai make up, gunakan formula oil free dan segera bersihkan dengan benar
  • Konsumsi buah dan sayur yang banyak
  • Atur pola makan, konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, batasi konsumsi gula, lemak jahat, makan gorengan
  • Tidur yang cukup minimal 6 jam sehari
  • Minum jamu temulawak atau sinom resep saya berikut setiap hari minum 1 gelas satu kali. Temulawak baik untuk hati dan dapat membersihkan darah dari racun sehingga baik untuk detox tubuh dan wajah dari dalam
  • Jangan memencet jerawat atau menyentuh wajah dengan tangan kotor, saat akan memakai produk make up atau perawatan kulit, selalu cuci tangan dulu.
  • Perhatikan masa kadaluarsa kosmetik anda, dan cuci alat-alat make up minimal 1x seminggu dengan air hangat dan sabun wajah atau shampoo, jangan bertukar produk make up, alat kecantikan dengan orang lain.
  • Jaga kebersihan sarung bantal, kerudung, mukena, handuk, helm anda, jangan memakai pelembut cucian untuk bantal, handuk wajah, kerudung, mukena anda, pada beberapa orang, pelembut cucian membuat problem jerawat semakin parah.
  • Minum jus buah yang kaya aneka vitamin terutama A dan C karena baik untuk kekebalan tubuh dan kesehatan kulit dan rambut.

Jamu Temulawak:
Bahan:
2 Ruas temulawak sebesar 2x ibu jari
1 Ruas kencur sebesar 1x jari telunjuk
Air mendidih 100-150ml
Madu secukupnya
Perasan jeruk nipis atau lemon secukupnya

Cara Membuat:
Parut temulawak dan kencur atau blender dengan air panas lalu saring, ambil sarinya dengan cara diperas atau pada saringan ditekan dengan sendok. Tambahkan madu dan perasan jeruk nipis atau lemon, aduk dan diminum sesudah makan. Bila sakit mag, tidak perlu diberi perasan jeruk.
Sebaiknya jamu anda buat sendiri, anda boleh membeli sinom hanya pada orang yang anda percaya karena sekarang banyak penjual yang mencampur jamu dengan bahan-bahan berbahaya jadi lebih aman kalau membuat sendiri.
Cobalah minum resep jus ini yang dapat mengurangi jerawat.

Clear Skin Juice:
Bahan:
4 Wortel
1 Apel
2 Tomat
1 Cangkir bayam organik

Cara Membuat:
Masukan wortel, apel, bayam dalam juicer, lalu ambil jusnya, tuang ke blender, pakai untuk memblender tomat, ambil sedikit serat dari mesin juicer, campurkan ke blender anda. Minum jus ini setiap hari, jangan ditambah gula, susu. Gunakan sisa serat dalam mesin juicer untuk membuat tumisan atau omelet dari putih telur, jangan makan kuning telurnya atau gunakan untuk membuat siomay sayuran. Jus ini sangat baik karena mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan kulit.

7 komentar:

lalaendut mengatakan...

Mbak mau aku follow blognya kok ga bisa ini andreaika

Dwiastuti Puspitorini mengatakan...

mbak andrea, maaf ya saya sendiri tidak tahu kenapa mbak tidak bisa follow blog saya. saya agak baru dalam dunia blog, nanti saya tanyakan masalahnya dengan suami saya, terima kasih sudah berkunjung di sini :)

Anonim mengatakan...

mbak,pengganti bayam bisa ditambahin apa ya?soalnya harus ke supermaket dulu,kalau beruntung baru ketemu yg organiknya.
zezeze

Dwiastuti Puspitorini mengatakan...

bayam organik dapat diganti dengan menambahkan 1 wortel dan 1 apel lagi dalam resep untuk menambah serat dan pengganti nutrisi bayam, semoga bermanfaat:)

Dwiastuti Puspitorini mengatakan...

mbak andrea, coba mbak logon pada account blogger dulu semoga berhasil follow dengan cara tersebut, terima kasih :)

Anonim mengatakan...

mbak untuk jus boleh ditambah madu?

Dwiastuti Puspitorini mengatakan...

jus boleh ditambah madu