Minggu, 22 September 2013

Carrier Oil atau Base Oil


Carrier oil atau base oil adalah minyak nabati yang digunakan dalam aromatherapy untuk dicampur dengan pure essential oil sebelum dioleskan ke wajah, tubuh, atau rambut. Carrier oil yang baik adalah yang masih murni, dihasilkan dari sistem pertanian organik dan diolah secara organik agar kualitasnya terjaga. Pilihlah carrier oil yang didapatkan dengan metode coldpress atau yang memiliki label unrefined agar aneka nutrisi yang terkandung di dalam carrier oil masih baik mutunya. Ada sangat banyak jenis-jenis carrier oil. Secara singkat, semua golongan minyak kacang-kacangan atau nuts oil cenderung lebih pekat dan berminyak daripada jenis carrier oil yang lain dan lebih cocok untuk jenis kulit kering. Kecuali sweet almond dan hazelnut yang memiliki tekstur ringan, mudah diserap oleh kulit dan karena itu sering dipakai dalam produk-produk perawatan kecantikan. Hindari minyak kacang-kacangan bila anda memiliki alergi terhadap kacang-kacangan, demikian juga dengan wheatgerm oil jika anda alergi dengan gandum. Berikut adalah jenis-jenis carrier oil yang sering dipakai dalam aromatherapy.

Apricot Kernel
Minyak yang ringan, mudah menembus lapisan kulit dan cocok untuk semua jenis kulit. Kaya kandungan vitamin A yang dapat meningkatkan produksi kolagen.

Argan
Minyak yang kaya akan vitamin E yang merupakan antioksidan kuat. Bermanfaat untuk menutrisi, meregenerasi dan memperbaiki kulit. Baik untuk semua jenis kulit terutama kering dan dehidrasi.

Avocado
Minyak yang kaya, sangat baik untuk kulit kering dan dehidrasi.

Evening Primrose
Minyak yang sangat baik untuk anti penuaan. Kaya kandungan antioksidan yang melindungi kulit dari penuaan dini. Pemakaian secara teratur pada kulit dapat memperlambat proses penuaan kulit. Kaya akan asam gamma-linolenat yang berperan penting dalam kelembaban dan kelenturan kulit. Menenangkan iritasi dan melindungi kulit terhadap agresi eksternal (matahari, angin, dingin, polusi). Melembutkan dan melembabkan, menjaga elastisitas kulit. Baik untuk perawatan kulit dewasa, berkerut, kulit dehidrasi dan kering, peradangan kronis, eksim atopik.

Grapeseed
Minyak yang ringan dan memiliki kandungan protein dan antioksidan yang tinggi. Bermanfaat untuk membantu melawan proses penuaan. Minyak ini sangat ideal untuk kulit berminyak dan kombinasi.

Hazelnut
Minyak yang menenangkan dan melembutkan, memiliki daya distribusi dan penetrasi pada kulit yang luar biasa, tidak berminyak dengan aroma lezat hazelnut panggang, membuat minyak hazelnut populer digunakan untuk pijat aromatherapy. Minyak ini dikenal untuk perawatan jenis kulit kombinasi dan berminyak.

Jojoba
Minyak yang ringan, dapat meregenerasi semua jenis kulit dan menenangkan iritasi dan radang kulit.

Macadamia
Kaya akan kandungan vitamin A, E dan F, minyak yang sangat baik untuk kulit kering dan meregenerasi kulit yang menua.

Olive (zaitun)
Olive mengandung antioksidan, melindungi kulit terhadap efek berbahaya dari radikal bebas dan mencegah efek penuaan. Kaya akan kandungan emolien dan memelihara kulit secara mendalam serta mengatur sistem pelembab alami kulit. Menenangkan kemerahan dan iritasi. Sangat lembut untuk kulit sensitif, eksim, psoriasis, kurap, kulit bayi, kulit dewasa, iritasi, jenis kulit kering-normal. Teksturnya berat dan lengket. Sangat baik untuk perawatan kulit, tangan, bibir dan rambut.

Passion fruit (Passionflower/Maracuja)
Minyak eksotis yang terkenal dengan kandungan bioflavonoid yang kaya dan omega-6, anti-radikal bebas sehingga dapat melindungi kulit dari penuaan. Dapat meregenerasi, memulihkan lapisan lipid, dan melindungi kulit dari dehidrasi serta memelihara kulit dan rambut yang halus dan kering tanpa meningalkan rasa lengket. Mencegah munculnya garis-garis halus dan kerutan. Aromanya lembut dan segar buah markisa. Ideal untuk perawatan kulit kering, sangat kering, kulit dewasa, dan dehidrasi.

Peach Kernel
Kaya akan kandungan vitamin A dan digunakan untuk merawat kulit kering, rusak karena sinar matahari dan stretch mark.

Rosehip Seed
Minyak yang sangat ideal untuk kulit awet muda dan bercahaya. Sangat kaya akan kandungan asam lemak tak jenuh dan vitamin E untuk meregenerasi sel sehingga sangat efektif untuk perawatan anti penuaan, kulit kering, eksim, rosacea, dan bekas luka/noda. Rosehip seed oil telah terbukti:
  • Mengurangi pembentukan bekas luka setelah luka bakar, pembedahan, dan luka-luka
  • Menyembuhkan kerusakan kulit akibat sinar matahari
  • Mengurangi keriput, stretch mark, noda
  • Membangun sistem pertahanan dan kelembutan kulit, membentuk kolagen, meningkatkan elastisitas kulit
  • Melembabkan jaringan kulit. Minyak ini akan menghasilkan kulit yang lebih halus dengan efek kulit yang terlihat lebih segar dan bercahaya.
Safflower
Baik untuk semua jenis kulit, mengandung vitamin, mineral dan protein

Shea Butter
Shea butter termasuk carrier oil multifungsi karena sangat baik digunakan untuk pelembab dari ujung rambut hingga ujung kuku, bahkan sebagai lipbalm. Shea berfungsi melindungi kulit terhadap kerusakan akibat sinar matahari karena adanya karitene, vitamin A dan terpene alkohol yang dapat meningkatkan aktivitas tabir surya. Shea bersifat anti-inflamasi dan menenangkan iritasi (adanya kandungan pitosterol, alfa dan beta Amirin). Shea juga mencegah alergi matahari (lateks). Selain itu shea juga memfasilitasi penyembuhan melalui terpene alkohol (lupeol, parkeol) dan pitosterol yang dikandungnya. Shea mampu melembabkan dan memelihara lapisan kulit bagian dalam, meregenerasi, merevitalisasi jaringan dan mengembalikan elastisitas kulit. Shea cocok dipakai untuk semua jenis kulit, membantu masalah kulit seperti jerawat, iritasi, eksim, kulit dehidrasi, bahkan sangat baik dipakai oleh ibu hamil untuk mencegah stretchmark dan bayi untuk mencegah ruam popok.Teksturnya yang balm cepat diserap oleh kulit namun memberikan kelembabab maksimal membuat shea sering dipakai sebagai bahan utama kosmetik perawatan kulit dan rambut.

Soya Bean
Minyak ringan yang merawat kulit berminyak dan mengandung vitamin dan mineral.

Sweet Almond
Sangat baik untuk kulit kering dan membantu mengurangi rasa gatal dan peradangan, ideal untul natural make up remover dan sangat baik untuk menjaga kesehatan kuku dan kutikula. Tekturnya ringan dan mudah meresap.

Tamanu (Calophyllum inophyllum)
Tamanu adalah produk perawatan kulit alami yang dapat menenangkan berbagai masalah kulit, membantu pengobatan jerawat secara alami dan menghilangkan sel kulit mati.

Wheatgerm
Kaya akan protein dan vitamin E, berfungsi menyeimbangkan semua jenis kulit dan meremajakan kulit yang mengalami penuaan dini.

5 komentar:

Anonim mengatakan...

thanks for the article mba Rini.. nambah pengetahuan aku banget soal carier oil. dan shea butter, the famous one yaa :)
kikirizki

Dwiastuti Puspitorini mengatakan...

sama-sama, semoga bermanfaat

Levin Soediarto mengatakan...

infonya sangat membantu mba! mungkin bisa di bagikan info penjual carrier oil/ base oil [grosir/ecer] karena saya sendiri sedang mencari produk ini.
terimakasih.

Siti Mar'atus mengatakan...

Mbak kalo pemakaian shea butter dica.pur dg carrier oil apakah harus wajib hukumnya untuk di whiped mbak? Misalnya saya mau campur shea dg pome seed oil langsung di blend di tangan gitu apa tdk boleh?? Makasih sebelumnya mbak..

Dwiastuti Puspitorini mengatakan...

Levin Soediarto: Saya menjual carrier oil dll. Pemesanan silahkan email rini_siddiqui@yahoo.com

Siti Mar'atus: Shea bila dicampur dengan carrier oil sebaiknya dikocok agar tercampur rata, tapi bila jumlahnya sedikit bisa langsung dicampur di telapak tangan